Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Ebook

Post a Comment
Daftar Isi [Tampil]
apa saja kelebihan dan kekurangan ebook

Perkembangan teknologi banyak mengubah berbagai hal. Dunia perbukuan pun tidak luput dari perubahan tersebut. Buku yang dulu hanya dinikmati dengan satu cara yaitu berupa lembaran kertas yang dijilid sehingga membentuk buku yang tipis maupun tebal. Saat ini telah berubah menjadi ebook.

Ebook merupakan singkatan dari elektronik book yang artinya buku digital. Buku yang hanya bisa dibaca yang membutuhkan perangkat elektronik seperti laptop atau smartphone dan internet. Internet dibutuhkan untuk mengakses ebook baik ebook yang membutuhkan internet ketika membaca atau hanya untuk mengunduhnya.

Ada kelebihan dan kekurangan ebook bagi pembaca. Apa saja kelebihan dan kekurangan ebook ini? Simak selengkapnya di artikel ini.

5 Kelebihan dan Kekurangan Ebook


Berikut kelebihan dari Ebook yang bisa membuat kamu tertarik membaca ebook.

5 Kelebihan Ebook

5 kelebihan ebook
Ada lima kelebihan membaca ebook yang bisa kamu rasakan ketika sudah terjun ke dunia per-ebookan. Berikut 5 hal yang perlu kamu tahu.

1. Ebook Lebih Ringan


Ebook bisa dibilang lebih ringan daripada buku fisik. Jika ingin membawa beberapa buku ketika perjalanan maka akan terasa berat ketika membawanya dengan buku fisik. Berbeda dengan ebook, kamu bisa menyimpan berpuluh-puluh judul ebook yang bisa dibaca kapan saja dan dimana saja asalkan ada internet.

2. Tidak Membutuhkan Banyak Ruang


Kamu tidak perlu menyiapkan rak buku atau ruang baca khusus dengan penyimpanan buku yang banyak. Yang kamu butuhkan adalah sebuah gawai yang bisa mengakses ebook. Dalam satu gawai kamu tidak membutuhkan ruang penyimpanan di dunia nyata. Yang kamu butuhkan ada ruang penyimpanan gawai.

3. Mudah Diakses


Untuk mengakses ebook sangat mudah sekali. Kamu hanya mengunduh aplikasi yang menyediakan ebook secara legal. Seperti Ipusnas, Ijak, Gramedia Digital, Rakata, atau Google Playbook. Di aplikasi tersebut merupakan pendigitalisasi buku fisik ke digital.

Ada ebook yang tidak pasti ada buku digitalnya misalnya aplikasi novel Cabaca, Inovel, Wattpad, Storial.co, dll. Akan tetapi di aplikasi tersebut seringnya adalah fiksi baik novel maupun cerpen.

4. Harga Lebih Terjangkau Bahkan Gratis


Jika kamu baca di perpus digital maka bisa menikmati buku-buku gratis dengan cara meminjam. Atau ada beberapa penulis buku yang sengaja memperbolehkan akses bukunya secara gratis. Terkadang ada diskon-diskon khusus untuk ebook di aplikasi baca.

Misalnya Gramedia Digital memberikan layanan pinjaman perbulan dengan bebas akses sesuai dengan paket yang dipilih. Saya sering menggunakan paket premium yang bisa baca buku fiksi maupun nonfiksi.

Beberapa mengharuskan online ketika membaca atau hanya mengunduh ebooknya saja bisa dibaca offline. Jika di aplikasi baca novel menggunakan sistem pembayaran berbeda ada yang kerang di Cabaca atau koin di Storial.co.

5. Ebook Lebih Tahan Lama


Penyimpanan ebook lebih tahan lama karena tidak bisa sobek, dimakan rayap, berubah warna, hilang halaman, dll. Hanya saja ebook bisa hilang jika di database kehapus atau ada sistem yang eror. Jadi penyimpanan ebook bisa bertahan lebih lama dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

5 Kekurangan Ebook


Meski ebook memiliki kelebihan yang memberikan kenyamanan bagi pembaca tapi tetap saja ada kekurangan yang akan dirasakan oleh pembaca. Berikut lima kekurangan dari membaca ebook.





Related Posts

Post a Comment